Menggabungkan Kebiasaan Jantung Sehat Dalam Kehidupan Sehari-hari



Menurut American Heart Association, penyakit jantung tetap menjadi penyebab kematian nomor 1 di dunia dengan 17,3 juta kematian setiap tahun. Jumlah itu diperkirakan akan meningkat menjadi lebih dari 23,6 juta pada tahun 2030.

Yayasan Jantung Indonesia menunjukkan bahwa penyakit kardiovaskular mengklaim lebih banyak nyawa daripada semua bentuk gabungan kanker dan penyakit jantung koroner adalah jenis penyakit jantung yang paling umum, menewaskan hampir 380.000 orang setiap tahun.

Banyak dari kita sangat menyadari fakta-fakta ini tentang penyakit jantung, tetapi masih sedikit yang kita lakukan untuk kesehatan ticker kita, yang tetap bekerja dengan enggan untuk kita meskipun menjadi sasaran pengabaian kita. Merawat tickers kita membutuhkan perhatian pada banyak aspek kehidupan kita. Dengan mengadopsi kebiasaan jantung sehat berikut ini, kita dapat menambahkan tahun ke kehidupan selain menghindari beban keuangan.

Kebiasaan jantung sehat :


Berolahraga secara teratur 

Jantung kita adalah otot yang perlu dikerjakan secara teratur agar tetap kuat dan sehat. Meskipun jumlah latihan apa pun lebih baik daripada tidak berolahraga, kita harus menargetkan setidaknya 150 menit aktivitas fisik aerobik intensitas sedang (misalnya, jalan cepat) setiap minggu atau 1 jam dan 15 menit (75 menit) aktivitas fisik aerobik intensitas tinggi ( mis. jogging, lari) atau kombinasi keduanya setiap minggu.

Selain itu, kita membutuhkan aktivitas penguatan otot yang bekerja pada semua kelompok otot utama (kaki, pinggul, punggung, perut, bahu dada, dan lengan) pada 2 hari atau lebih dalam seminggu.

Makan sehat 

Kita harus memilih makanan rendah lemak jenuh, lemak trans, dan natrium. Selain itu, kita harus makan banyak buah dan sayuran, biji-bijian yang kaya serat, ikan (lebih disukai ikan berminyak setidaknya dua kali per minggu), kacang-kacangan, kacang-kacangan dan biji-bijian dan cobalah makan beberapa makanan tanpa daging. Selanjutnya, seseorang harus membatasi minuman yang dimaniskan dengan gula dan daging merah. Jika seseorang memilih untuk makan daging, ia harus memilih potongan daging tanpa lemak yang tersedia.

Berhenti merokok 

Merokok adalah penyebab utama penyakit kardiovaskular (CVD) dan menyebabkan satu dari setiap tiga kematian akibat CVD. Risiko CVD meningkat dengan jumlah rokok yang dihisap per hari serta jumlah tahun mereka merokok. Merokok dengan kadar tar atau nikotin yang lebih rendah tidak mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Hindari perokok pasif 

Orang lebih cenderung terserang penyakit jantung jika terpapar asap rokok perokok di rumah atau di tempat kerja. Menurut American Heart Association, paparan asap tembakau berkontribusi terhadap sekitar 34.000 kematian akibat penyakit jantung dini dan 7.300 kematian akibat kanker paru-paru setiap tahun. Ini karena bahan kimia yang dipancarkan dari asap rokok mempromosikan pengembangan penumpukan plak di arteri.

Praktek kebersihan gigi 

Telah ditemukan bahwa bakteri di mulut, yang terlibat dalam perkembangan penyakit gusi, dapat pindah ke aliran darah dan menyebabkan peningkatan protein C-reaktif, penanda untuk peradangan pada pembuluh darah. Perubahan-perubahan ini, pada gilirannya, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke kita.

Tidurlah secara teratur dan memadai setiap hari 

Sebuah kajian European Heart Journal 2011 dari 15 studi medis yang melibatkan hampir 475.000 orang menemukan bahwa tidur pendek memiliki risiko 48% lebih tinggi terkena atau meninggal akibat penyakit jantung koroner (PJK) dalam tujuh hingga 25 tahun follow. periode-up. Menariknya, tidur panjang, mereka yang rata-rata sembilan jam atau lebih malam, juga menunjukkan peningkatan risiko 38% atau meninggal akibat PJK. Kurang tidur tidak selalu menyebabkan penyakit jantung, tetapi benar-benar meningkatkan faktor risiko penyakit jantung.

Tips mengubah kebiasaan sederhana:


Mengganti kebiasaan sehat untuk yang tidak sehat memberi kita penghargaan dengan kesehatan yang baik dan kualitas hidup yang lebih baik. Masih banyak yang merasa sulit untuk memasukkan kebiasaan sehat dalam hidup mereka begitu cepat atau lambat mereka kembali ke gaya hidup yang tidak sehat, sehingga kehilangan semua efek menguntungkan yang mereka miliki. Seperti kebiasaan kesehatan lainnya, kebiasaan sehat jantung harus diikuti sepanjang hidup.

Kiat-kiat berikut akan membantu kita untuk menggabungkan kebiasaan sehat jantung dalam kehidupan:

• Seseorang harus membuat keputusan dan melakukan upaya sadar untuk tetap berpegang pada komitmen.
• Kita harus menemukan pemicu dan hambatan yang perlu diatasi jika tidak kita akan membuat diri gagal.
• Seseorang harus menyusun rencana dan meninjaunya dari waktu ke waktu.
• Seseorang harus menggunakan visualisasi dan afirmasi, yang berkaitan dengan kebiasaan yang akan diubah karena mereka memprogram alam bawah sadar dengan pola pikir yang tepat untuk membangun kebiasaan baru.
• Dengan meminta dukungan keluarga dan teman, kita dapat menjauhkan godaan yang dapat menggagalkan upaya kita.
• Seseorang harus menemukan cara untuk menghargai diri sendiri karena itu membuat kita merasa baik, walaupun itu hanya sementara. Mereka akan membantu kita tetap termotivasi untuk tetap di jalur.

Kesimpulan

Kesadaran kita tentang penyakit jantung sebagai penyebab kematian nomor satu di seluruh dunia telah meningkat. Namun demikian, banyak yang masih kurang memiliki pengetahuan yang memadai tentang kebiasaan jantung sehat yang perlu dimasukkan untuk menjaga detak jantung kita kuat. Terlebih lagi, meskipun banyak yang berupaya untuk mengadopsi mereka, mereka gagal melanjutkannya dan karenanya tidak dapat memperoleh manfaat dari mereka.



Komentar